21 December, 2009

Middleware, Java Community Process (JCP) , OSGI

Middleware

Middleware adalah perangkat lunak komputer yang menghubungkan komponen perangkat lunak atau aplikasi. Perangkat lunak terdiri dari satu set layanan yang memungkinkan beberapa proses yang berjalan pada satu atau lebih mesin untuk berinteraksi. Teknologi ini berkembang untuk menyediakan interoperabilitas untuk mendukung koheren didistribusikan pindah ke arsitektur, yang paling sering digunakan untuk mendukung dan menyederhanakan yang kompleks, aplikasi terdistribusi. Ini termasuk server web, server aplikasi, dan alat-alat serupa yang mendukung pengembangan aplikasi dan pengiriman. Middleware integral terutama teknologi informasi modern berdasarkan XML, SOAP, Web service, dan service-oriented architecture.
Middleware duduk "di tengah" antara perangkat lunak aplikasi yang dapat bekerja pada sistem operasi yang berbeda. Hal ini mirip dengan lapisan tengah-tier tiga arsitektur sistem tunggal, kecuali bahwa itu membentang di banyak sistem atau aplikasi. Contohnya termasuk EAI perangkat lunak, perangkat lunak telekomunikasi, transaksi monitor, dan pesan-dan-queueing perangkat lunak.
Perbedaan antara sistem operasi dan middleware fungsi ini, sampai batas tertentu, sewenang-wenang. Sementara fungsi kernel inti hanya dapat diberikan oleh sistem operasi itu sendiri, beberapa fungsionalitas yang sebelumnya disediakan oleh middleware dijual secara terpisah sekarang terintegrasi dalam sistem operasi. Contoh tipikal adalah TCP / IP stack untuk telekomunikasi, kini dimasukkan di setiap sistem operasi.
Dalam simulasi teknologi, middleware umumnya digunakan dalam konteks tingkat tinggi arsitektur (HLA) yang berlaku untuk banyak didistribusikan simulasi. Ini adalah lapisan perangkat lunak yang terletak di antara kode aplikasi dan run-time infrastruktur. Middleware umumnya terdiri dari fungsi perpustakaan, dan memungkinkan sejumlah aplikasi - simulasi atau HLA federates dalam terminologi - ke halaman fungsi-fungsi ini dari perpustakaan umum daripada menciptakan mereka kembali untuk setiap aplikasi.

Definisi

Perangkat lunak yang menyediakan hubungan antara aplikasi software yang terpisah. Middleware kadang-kadang disebut pipa karena menghubungkan dua aplikasi dan data yang lewat di antara mereka. Middleware memungkinkan data yang terdapat dalam satu database yang akan diakses melalui lain. Definisi ini akan cocok integrasi aplikasi enterprise dan data integrasi perangkat lunak.

Middleware ObjectWeb mendefinisikan sebagai: "The lunak lapisan yang terletak di antara sistem operasi dan aplikasi pada setiap sisi dari sebuah sistem komputasi terdistribusi dalam jaringan.


Asal

Middleware adalah relatif baru komputasi Selain lansekap. Itu populer pada 1980-an sebagai solusi untuk masalah bagaimana menghubungkan aplikasi baru untuk sistem warisan yang lebih tua, meskipun istilah telah digunakan sejak 1968. Ini juga memfasilitasi pemrosesan terdistribusi, sambungan dari beberapa aplikasi untuk menciptakan aplikasi yang lebih besar, biasanya melalui jaringan.

Organisasi

IBM, Red Hat, dan Oracle Corporation adalah pemasok utama menyediakan perangkat lunak middleware. Vendor seperti Axway, SAP, TIBCO, Informatica, meresap dan webMethods secara khusus didirikan untuk menyediakan Web berorientasi alat middleware. Kelompok-kelompok seperti Apache Software Foundation dan Konsorsium ObjectWeb mendorong pengembangan sumber terbuka middleware. Microsoft. NET "Framework" arsitektur pada dasarnya adalah "Middleware" dengan fungsi middleware khas didistribusikan antara berbagai produk, dengan sebagian besar interaksi antar-komputer standar industri, terbuka RAND API atau lisensi perangkat lunak.

Penggunaan Middleware
Layanan middleware menyediakan lebih fungsional set antarmuka pemrograman aplikasi untuk memungkinkan aplikasi ke:
* Cari transparan di seluruh jaringan, sehingga interaksi dengan menyediakan layanan lain atau aplikasi,
* Jadilah independen dari layanan jaringan,
*Jadilah handal dan selalu tersedia bila dibandingkan dengan sistem operasi dan layanan jaringan.
Middleware menawarkan beberapa keunggulan teknologi yang unik untuk bisnis dan industri. Sebagai contoh, sistem database tradisional biasanya digunakan dalam lingkungan tertutup di mana pengguna mengakses sistem terbatas hanya melalui jaringan atau intranet (misalnya, sebuah jaringan internal perusahaan). Dengan pertumbuhan fenomenal World Wide Web, pengguna dapat mengakses hampir semua database yang mereka layak hak akses dari mana saja di dunia. Alamat middleware masalah interoperabilitas berbagai tingkat di antara struktur database yang berbeda. Middleware transparan memfasilitasi akses ke sistem manajemen database warisan (DBMSs) atau aplikasi melalui web server tanpa memperhatikan karakteristik database-spesifik. Bisnis sering menggunakan aplikasi middleware untuk menghubungkan informasi dari departemen database, seperti penggajian, penjualan, dan akuntansi, atau database bertempat di beberapa lokasi geografis. Dalam komunitas kesehatan yang sangat kompetitif, laboratorium membuat ekstensif menggunakan aplikasi middleware untuk data pertambangan, sistem informasi laboratorium (LIS) cadangan, dan sistem untuk menggabungkan rumah sakit selama merger. Middleware membantu menjembatani kesenjangan antara Liss terpisah dalam sebuah jaringan kesehatan baru dibentuk setelah pembelian sebuah rumah sakit. Jaringan nirkabel pengembang dapat menggunakan middleware untuk memenuhi tantangan yang berkaitan dengan jaringan sensor nirkabel (WSN), atau teknologi WSN. Mengimplementasikan aplikasi middleware WSN memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan sistem operasi dan perangkat keras dengan berbagai berbagai aplikasi yang saat ini tersedia. Middleware dapat membantu menghindari pengembang perangkat lunak untuk menulis ke antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk setiap program kontrol, dengan melayani sebagai independen antarmuka pemrograman untuk aplikasi mereka. Akhirnya, e-commerce menggunakan middleware untuk membantu dalam menangani transaksi cepat dan aman di berbagai jenis lingkungan komputer. Singkatnya, middleware telah menjadi elemen penting di berbagai industri, berkat kemampuannya untuk menyatukan sumber daya yang berbeda di seluruh jaringan atau platform komputasi.

Pada tahun 2004 anggota dari European Broadcasting Union (EBU) yang dilaksanakan studi tentang Middleware yang berkaitan dengan integrasi sistem di lingkungan penyiaran. Desain sistem yang terlibat ini para ahli teknik dari 10 besar lembaga penyiaran Eropa yang bekerja selama 12 bulan untuk memahami efek yang didominasi produk-produk berbasis perangkat lunak untuk produksi media dan teknik-teknik desain sistem penyiaran. Laporan yang dihasilkan diterbitkan dan tersedia dengan gratis dari situs web EBU di sini: - Tek 3.300 [8] dan Tek 3300s.

Jenis middleware

Hurwitz yang mengatur sistem klasifikasi berbagai jenis middleware yang saat ini tersedia. [10]. Klasifikasi ini didasarkan pada skalabilitas dan recoverability:

* Remote Procedure Call - Klien membuat panggilan dengan prosedur yang berjalan pada sistem remote. Dapat asinkron atau sinkron.
* Message Oriented Middleware - Pesan yang dikirim ke klien dikumpulkan dan disimpan sampai mereka ditindaklanjuti, sementara klien terus dengan pengolahan lain.
* Object Request Broker - jenis middleware ini memungkinkan aplikasi untuk mengirim permintaan benda dan jasa dalam suatu sistem berorientasi objek.
* SQL-berorientasi Akses Data - middleware antara aplikasi dan database server.
* Embedded Middleware - layanan komunikasi dan integrasi antarmuka software / firmware yang tertanam beroperasi antara aplikasi dan sistem operasi waktu-nyata.

Sumber-sumber lain termasuk klasifikasi tambahan ini:

* Transaksi pengolahan monitor - Menyediakan alat dan lingkungan untuk mengembangkan dan menyebarkan aplikasi terdistribusi.
* Aplikasi server - Perangkat lunak yang diinstal pada komputer untuk memfasilitasi porsi (berjalan) dari aplikasi lain.
* Enterprise Service Bus - Sebuah lapisan abstraksi di atas Olahpesan Enterprise System.

JCP

Java Community Process (JCP) Program Management Office (PMO) sangat tertarik untuk mengumumkan upgrade ke jcp.org baru-baru ini meluncurkan situs web. Setelah web rumah masyarakat benar-benar dirombak dan dirilis pada bulan Juni 2009, bekerja terus di belakang layar untuk menambah, meningkatkan, dan memperbaiki fungsi dan kegunaan nya. Anggota PMO berfungsi sebagai tim proyek untuk mendefinisikan dan menyelesaikan pekerjaan.

Program yang JCP komunitas pengguna telah membantu dalam memberikan umpan balik pada situs web. Banyak fitur baru dan perbaikan bug pada awalnya diusulkan atau diidentifikasi oleh pengguna. Beberapa implementasi tersebut akan segera jelas. Sebagai contoh, semua wiki dan papan sekarang mencakup satu cara bagi pengguna untuk memberikan pendapat mereka yang cepat konten dengan menghadiahi setiap item dengan nilai, dengan memilih jumlah bintang tertentu. Selain itu, semua papan diskusi publik dan wiki termasuk RSS tombol untuk memungkinkan pengguna untuk berlangganan pembaruan konten. Karena pengaturan keamanan dan persyaratan browser, RSS feed fitur ini hanya bekerja jika SSL diaktifkan. Misalnya, fitur RSS melakukan kerja dengan Firefox.
Berbagai bug telah diperbaiki dan navigasi juga telah diperbarui untuk mengatur informasi yang tersedia. Ini adalah langkah inkremental lain sepanjang perjalanan untuk meningkatkan jcp.org. Dalam bulan-bulan mendatang, sebagai masyarakat terus menyarankan perubahan dan perangkat tambahan, upaya akan terus memperbaiki situs. Semua umpan menyimpan program dan JCP jcp.org bergerak maju dan ke atas.

OSGI

OSGi merupakan sistem modul untuk Java yang lengkap dan mengimplementasikan sebuah model komponen dinamis, sesuatu yang tidak ada di Jawa standalone / VM lingkungan. Aplikasi atau komponen (datang dalam bentuk bungkusan untuk penyebaran) dapat jarak jauh diinstal, mulai, berhenti, diperbarui dan dihapus tanpa memerlukan reboot; pengelolaan paket Jawa / kelas ditentukan dengan sangat rinci. Manajemen siklus hidup dilakukan melalui API yang memungkinkan untuk men-download jauh kebijakan manajemen. Registri layanan memungkinkan berkas untuk mendeteksi penambahan layanan baru, atau penghapusan layanan, dan beradaptasi sesuai.
Asli layanan fokus pada penerapan gateway tapi ternyata jauh lebih luas. OSGi spesifikasi yang sekarang digunakan dalam aplikasi mulai dari ponsel ke open source Eclipse IDE. Wilayah aplikasi lain meliputi mobil, otomasi industri, otomatisasi bangunan, PDA, komputasi grid, hiburan (misalnya iPronto), armada manajemen dan aplikasi server.


sumber :
1. http://en.wikipedia.org/wiki/Middleware
2. http://jcp.org
3. http://en.wikipedia.org/wiki/OSGi

No comments: